Hubungan Internal Rate of Return, Required Rate of Return, dan Cost of Capital

HUBUNGAN INTERNAL RATE OF RETURN, REQUIRED RATE OF RETURN, DAN COST OF CAPITAL


Dalam mempelajari Manajemen Keuangan, terutama dalam menilai suatu investasi dari sudut manajer keuangan, kita tidak akan pernah terlepas dari istilah-istilah Internal Rate of Return, Required Rate of Return, maupun Cost of Capital. Namun, masih banyak di antara kita mungkin yang belum mengetahui hubungan di antara ketiganya, atau jangan-jangan ada beberapa dari kita yang bahkan tidak mengetahui arti dari masing-masing istilah tersebut. Well, di sini saya akan mencoba memberi gambaran singkat tentang definisi serta hubungan dari istilah-istilah tesebut di atas sehingga dapat memberikan sedikit penjelasan kepada pembaca. Dalam kesempatan kali ini, saya sengaja tidak memberikan gambaran matematis dari hal-hal yang terkait, karena perhitungan matematis saya rasa dapat ditemukan dengan mudah di buku. Saya hanya memberikan gambaran umum tentang relasi ketiga istilah di atas. Dan sebagai pengantar, alangkah baiknya apabila kita mengetahui arti dari masing-masing istilah itu terlebih dahulu.

Wikipedia menjelaskan mengenai Internal Rate of Return (IRR) adalah sebagai berikut.

The internal rate of return (IRR) is a capital budgeting metric used by firms to decide whether they should make investments. It is also called discounted cash flow rate of return (DCFROR) or rate of return (ROR).[1] It is an indicator of the efficiency or quality of an investment, as opposed to net present value (NPV), which indicates value or magnitude. Another definition of IRR is the interest rate received for an investment consisting of payments and income that occur at regular periods.

Sementara Required Rate of Return dan Cost of Capital dijelaskan menjadi sebuah arti yang sama sebagai berikut.

The cost of capital or required rate of return is an expected return that the provider of capital plans to earn on their investment.

Dari definisi tersebut, dapat kita jabarkan bahwa yang dimaksud dengan Internal Rate of Return adalah sebuah ukuran anggaran modal yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan apakah mereka seharusnya melakukan investasi atau tidak. Atau dalam arti yang lain, IRR didefinisikan sebagai sebuah tarif bunga untuk sebuah investasi yang berasal dari pembayaran dan pendapatan yang meliputi periode reguler.
Sedangkan Required Rate of Return (RRR) merupakan sebuah istilah lain dari sebuah istilah Cost of Capital, yang mana kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama, yang kurang lebih artinya adalah sebuah perkiraan pengembalian yang diharapkan oleh penanam modal dihasilkan dari menginvestasikan uang mereka. Dalam definisi yang lain, RRR atau Cost of Capital ini dapat diartikan pula sebagai sebuah tingkat pengembalian minimum yang mungkin untuk menarik para investor agar membeli sebuah saham.

Secara umum, dapat kita simpulkan bahwa IRR adalah tingkat bunga pengembalian atas sebuah proyek yang diterima perusahaan. Sedangkan Cost of Capital atau RRR merupakan tingkat bunga yang disepakati dibayarkan perusahaan kepada investor sebagai return kepada mereka atas investasi mereka dalam proyek tersebut.

RELATIONSHIP BETWEEN

Dari kedua definisi, dari ketiga istilah, tersebut, dapat kita tarik sebuah hubungan mendasar yang ada diantara keduanya. Hubungan yang ada dalam hal ini, dapat dilihat dalam tabel berikut.

NPV < 0 IRR < Cost of Capital Reject the investment from the cash flow perspective. Other factors could be important.
NPV = 0 IRR = Cost of Capital Provides the minimum return. Probably reject from the cash flow perspective. Or it can be accept in some condition that allow minimum return.Others factors could be important.
NPV > 0 IRR > Cost of Capital Screen in for further analysis. Other investments may provide better returns and capital should be rationed, i.e., go to the most profitable projects. Others factors could be important.

Dalam tabel tersebut dijelaskan bahwa hubungan antara IRR dan Cost of Capital terkait pada pemilihan keputusan investasi dalam sebuah proyek. Perlu diingat bahwa kita di sini adalah dalam sudut pandang perusahaan yang membangun proyek tersebut, bukan investor yang mencari return atas investasi mereka dalam proyek ini. Sehingga, akan muncul tiga kemungkinan kondisi yang dapat terjadi.

Apabila proyek tersebut memiliki tingkat return wajar kepada perusahaan (IRR) lebih kecil dari tingkat harga yang dibayarkan perusahaan kepada investor (Cost of Capital), maka kita seharusnya menolak proyek tersebut.

Apabila proyek tersebut menghasilkan nilai pengembalian wajar kepada perusahaan (IRR) sama besar dengan tingkat bunga yang diberikan kepada investor (Cost of Capital), maka proyek tersebut menghasilkan pengembalian minimum kepada perusahaan. Dalam kondisi ini, kebijakan masing-masing perusahaan berperan dalam menentukan apakah proyek tersebut akan diterima atau ditolak. Namun, dalam keadaan wajar sehari-hari, kondisi ini tetap diterima

Apabila proyek tersebut menghasilkan tingkat pengembalian kepada perusahaan (IRR) lebih besar daripada tingkat biaya atas modal yang dikeluarkan perusahaan kepada investor (Cost of Capital), maka hal ini menunjukkan kondisi proyek yang baik, sehingga kita seharusnya menerima proyek tersebut.

Hubungan IRR dan Cost of Capital ini ternyata juga memiliki hubungan langsung dengan Net Present Value. Pada saat IRR lebih kecil daripada CC, maka NPV menunjukkan nilai lebih kecil dari nol. Pada saat nilai IRR sama dengan CC, maka NPV menunjukkan nilai sama dengan nol. Sedangkan pada saat nilai IRR lebih besar dari CC, maka NPV menunjukkan nilai lebih besar dari nol.

~ by nauvalhafiluddin on February 22, 2009.

2 Responses to “Hubungan Internal Rate of Return, Required Rate of Return, dan Cost of Capital”

  1. Syukurlah sebuah penjelasan yang sangat baik dan detail makasih yah…
    so boleh gak klu mau tau dalam bentuk contoh hitungan sederhana saja, moga2 bisa dijelasin lagi dalam bentuk contoh hitungan masing2 pak…

    tks
    semoga Allah membalas kebaikannya

  2. thanks very much, bantu bgt karena sedang ada tugas MK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: